Jumat, 23 September 2011




Satria FU emang tampilan udah keren abis, larinya juga kenceng, tapi bagi anak-anak yang doyan ngebut dan mesin standar masih dirasa kurang galak bisa coba mengaplikasikan Tips danTrik dari saya.
Tapi saya ngga ngajarin buat ugal-ugalan dijalan lho, hargailah pengguna jalan yang lain dan tetep patuhi peraturan lalu lintas, soale kata nenek saya Safety Riding itu yang utama, hehee :D
Oke cukup deh basa-basinya langsung tunjep point aja, kita bongkar satu persatu rahasia biar si FU makin kenceng larinya :

1. Langkah pertama, yang paling gampang ganti Pilot jet pake ukuran 17,5 bisa pake punya Shogun lama
(Shogun kebo) harganya paling 30ribuan, kalo mau yang lebih hemat bisa ambil yang merek Kitaco harganya ga nyampe 20ribu.

2.Yang kedua, Lepas paking kepala silinder, pake 1 aja yang tengah, kalo mau kompresinya lebih tinggi lagi paking blok yang bawah bisa ikutan dilepas, cukup pake lem paking aja (yang atas tetep pake 1 paking). Buat uruusan yang ini monggo anda jalan-jalan ke tukang bubut ya. 

3. Yang ketiga,Porting lubang In & Out, masing-masing digedein diameternya 1mm, untuk urusan ini anda juga kudu mampir ke bengkel, untuk bengkel yang top markotop biasanya mematok harga 300 – 500 ribuan, tapi kalo dibengkel balap rumahan bisa lebih miring kok, apa lagi kalo dah kenal, hhe :D 

4. Ganti karbu (kalo ganti karbu berarti langkah yang pertama ga usah) saya sarankan ganti pake RX King, selain lebih murah juga bisa langsung dipasang, soale udah pas ama intake manifold dan filter standar. Spuyer bisa coba peke PJ 20  MJ 150, setelan udara 1,5 putaran, berlawanan arah jarum jam (tiap-tiap motor beda), posisi klip jarum skep di ulir no2 dari atas. Sebaiknya sekalian ganti kran bensin model kompresor biar aliran bensin lancar tanpa hambatan. 

5.Majuin gigi TOP 1 mata, ini berarti majuin waktu buka tutup katub masuk dan buang. Kalo mau lebih advance lagi setingannya adalah klep masuknya dimajuin 1 mata trus buangnya dimundurin 1 mata…istilah teknisnya buat nyempitin LSA-nya (Lobe Separation Angle…buat optimalkan proses pembilasan di putaran tinggi…hehehe…bingung, bingung deh, wong saya be bingung), hasilnya juga mantap tapi kerenggangan klep harus dibikin lebih sempit (jadi in 0,07 mm dan out 0,1 mm) dari ukuran standarnya dengan cara mainin tebal shim-nya. Yang ini sih jelas mending ke bengkel aja deh…trus bengkelnya juga harus yang jago.

6.Lepas saringan udara (klo dah ganti karbu), yang dilepas hanya elemen saringan udaranya aja…itu tuh yang ada ada kertas saringanya. Sedangkan boknya masih terpasang dan tersambung ke karbu . Kalo masih tetap mau andalkan karbu standar maka saringan satndar masih dapat dipakai/dipasang tapi kertasnya di lubangi dibeberapa tempat, guntingin aja, palingan 3 lubang ukuran 0,5 x 4 cm (panjang x tinggi). Bisa dilakuin sendiri 

7. Potong kabel koil 2 cm (=ngurangin resistensi kabel sekitar 10%), Bisa dilakuin sendiri. Ingat masang kabelnya lagi harus bener2 kuat, caranya ditusukin dan diputar hingga ngedrat. 

8. Ganti pake busi Iridium (saran yang agak murah pake merek Sindengen/SDG 30rb) hasilnya lumayan. Kalo mau tetep pake busi standar juga gapapa, cuman atur lagi celahnya jadi 0,9 – 1 mm

9.Oli pake yang khusus motor (merek apa aja yang penting asli), trus pake yang kekentalanya 10/40.

10.Ganti knalpot free flow, saran yang murah dan cukup ampuh pake bikinan Edi Sawangan (yang pelat pernis cuman 250 rb), atau AHAU 400rb….atau SKR 375rb…yang jelas tampilan jadi lebih sangar bin bengis karena bahan knalpot dari pelat yang di pernis doing plus coklat-coklat kaya karatan …jauh dari kesan klimis yang sering ditimbulkan bila pake knalpot aluminium atau krom…hehehe…no offense ya buat yang pake knalpot mahal 2… )

11.Posisi as roda pada penyetel kekencengan rantai diusahakan pada posisi sedepan mungkin, klo perlu potong 2 mata rantainya. Keuntungannya, jarak poros roda depan belakang makin pendek jadi motor lebih lincah bermanuver..khasiat lainnya buat mengurangi bunyi-bunyian dirantai karena rantai beradu dengan lengan ayun. 

12. Per kopling di ganjel kurang lebih 1 mm, bisa pake potongan per kopling (bisa pake punya motor apa aja asal diameter sama, harga palingan 15 ribuan), tapi mesti ditipisin pake gerinda dulu biar ga ketebelan. Langkah ini sebaiknya dibengkel aja deh. Trus di ujung kabel kopling yang di atas bak mesin, diujungnya dipakein per yang sering dipakai di rem teromol (harga 5 ribuan) untuk ngedorong tuas pengungkit kopling agar baliknya cepet. Hasilnya kopling jadi cepet baliknya dan motor langsung loncat begitu kopling dilepas yang jelas kedua langkah ini bisa juga diganti dengan pasang per kopling racing (100 – 150 rb, tapi awas, beberapa pemakai per kopling racing mengeluh motornya cuman enak 3 bulan, abis itu per jadi lembek dan kurang nendang lagi, per kopling standar terutama yang CBU kayanya lebih durable dan dengan diganjel, kekerasannya akan setara dengan per racing). Tapi perhitungkan efek sampingnya yakni jari tangan kiri jadi pegel2 klo lewat jalan macet.

13.Pulser digeser 1 ampe 2 mili…yang ini aku ga tau kenapa bisa bikim motor makin melesat, tapi aku praktekin hasilnya memang berasa kok. Suruh orang bengkel aja yang mundurin.

    
      Bila dana masih ada langkah lanjutan adalah mengganti CDI, koil dan camshaft racing…paling ga untuk 3 item ini butuh 1,5 juta..tapi sangat setimpal bila dilakukan..hehe.. saran pake CDI XP Andrion HP 7 (400 ribu) dipadu ama koil andrion juga (170 ribu). Sebagai informasi, untuk teman2 di jawa tengah ma timur lebih suka pake CDI Rextor. Untuk CDI BRT sebenarnya bagus juga, hanya saja menurut produsennya dan dari hasil test, BRT hanya cocok bila koil masih pake yang standar…klo koilnya racing malah kadang drop tenaganya atau CDI-nya cepet mati.
      Sumber : http://bintorowisnu.wordpress.com       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar