Sabtu, 24 September 2011




Dipasaran banyak sekali beredar karbu ini mulai dari yang KW3 sampe yang tipe racing buatan Jepang.
Banyak orang yg bingung ngebedainnya yang kadang berujung salah beli. Karbu ini populer sekali dikalangan penyuka oprek motor, salah satu sebabnya adalah kepresisian karbu ini dalam mengatur campuran bensin dan udara.
PE28 adalah karbu bawaan Honda NSR SP, karena begitu populernya maka sesuai hukum dagang maka banyak pula beredar palsunya, bahkan sampai beberapa grade tingkatannya.
Beberapa keluhan pemakai PE28 palsu antara lain mesin ga bisa langsam, susah nyeting-nya, mbrebet di kisaran rpm tertentu, dan sebagainya.
Jadi harus teliti sebelum beli lah mas bro.
nih beberapa tips buat mbedain PE28 asli ma yang palsu.

  • PE28 KW3 atau biasa disebut PE China, bodinya berwarna terang, jarum skepnya punya ulir buat disetel, finishing bodi kasar.Karbu KW3 ini kebanyakan beredar di jawa tengah dan jawa timur suka susah di seting.Harganya sekitar 300 – 350rbu.
ini contoh karbu PE28 kw3 dengan body yang mengkilap
  • PE28 KW2. Bodinya lebih gelap bila dibanding yg KW3, finishing juga masih rada kasar, jarum ga bisa disetel. Hargnya sekitar 400rbuan.

  • PE28 KW1. ini yang paling banyak dijajakan dan dipakai maniak korek. Warna gelap, jarum tidak ada ulir setelannya, finishing rapi, dijual tanpa kemasan. Harga direntang 500 hingga 600 rbuan.

PE28 Ori Honda Thailand. Finishing rapi jali, warna gelap, skep warna krom tapi dalemnya kuning emas dan berat. Jarum tidak ada ulir setelan, dijual dengan kemasan dus honda lengkap dengan kode part. Beberapa mekanik bilang bahwa karbu ori ini sebenarnya sama aja dengan yg KW1 Cuma beda dikemasan, tapi beberapa yg lain bilang beda, ga tau deh yang bener yang mana, harga yang ini direntang 850 – 900rbu
 PE28 ori Honda Thailand, body gelap dan ada kemasanya
  • PE28 Racing atau mekanik kadang nyebut sebagai PE Jepang, harga paling mahal sekitar 1,9 juta. Finising jelas rapi, jarum skep ada ulir setelan, choke nempel di karbu langsung (kaya karbu RX King), trus di bagian bawah mangkuk karbu ada semacam tutup baut cukup gede gunanya saat seting motor perlu gonta-ganti ukuran PJ/MJ ga perlu buka mangkuk karbu, cukup lepas tutup baut tersebut dan PJ/MJ bisa dibongkar pasang lewat lubang tersebut mangstab kan, tapi harganyapasti juga mangstab kan mas bro.
Selain diatas ada juga ”PE-PE-an” kaya PE28 TDR, PE Daytona, mengkin bisa digolongkan sbg KW1 ato KW1,5 kali ya, Harganya juga sekitaran harga KW1.

Ya tinggal pinter-pinter kita aja milihnya yang penting pas ama budget ma kebutuhan.
Sumber : bintorowisnu.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar